PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA GUNUNG GALUNGGUNG KABUPATEN TASIKMALAYA

Authors

  • Reza Faizal Anshor Universitas Mayasari Bakti
  • Laela Susanto Universitas Mayasari Bakti
  • Syamsu Nurkarim Universitas Mayasari Bakti
  • Muhammda Indra Gunawan Universitas Mayasari Bakti
  • Putri Mutiara Rakista Universitas Mayasari Bakti

Abstract

Kepariwisataan merupakan salah satu prioritas bagi Pemerintah Kab. Tasikmalaya. Dimana Kepariwisataan
diharapkan dapat menambah pendapatan asli daerah. Untuk mensukseskan program tersebut perlu
ditunjang dengan kesiapan objek-objek wisata. Objek Wisata Gunung Galunggung, merupakan salah satu
objek wisata yang penting dan banyak mendatangkan wisatawan. Keberadaannya membutuhkan Pengelola
yang baik dimana pemimpinnya harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan pengujung. Untuk itu perlu
dilakukan penelitian guna melihat seberapa besar pengaruh kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan
pengunjung, objek wisata Gunung Galunggung oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Daerah Kab.
Tasikmalaya (Disparpora). Dari hasil uji hipotesis dari responden berjumlah 70 orang, adalah t hitung
sebesar 3,893>t tabel 1,671, dengan tingkat kepercayaan 95%, dengan demikian bahwa kepemimpinan
memiliki pengaruh signifikan/nyata terhadap kualitas pelayanan pengunjung objek wisata Gunung
Galunggung. Untuk hasil pengujian analisis F dimana F hitung sebesar 28,869.> F tabel sebesar 3,14. maka
disimpulkan H0 ditolak H1 diterima.

Published

2024-03-25