PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA GUNUNG GALUNGGUNG KABUPATEN TASIKMALAYA
Abstract
Kepariwisataan merupakan salah satu prioritas bagi Pemerintah Kab. Tasikmalaya. Dimana Kepariwisataan
diharapkan dapat menambah pendapatan asli daerah. Untuk mensukseskan program tersebut perlu
ditunjang dengan kesiapan objek-objek wisata. Objek Wisata Gunung Galunggung, merupakan salah satu
objek wisata yang penting dan banyak mendatangkan wisatawan. Keberadaannya membutuhkan Pengelola
yang baik dimana pemimpinnya harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan pengujung. Untuk itu perlu
dilakukan penelitian guna melihat seberapa besar pengaruh kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan
pengunjung, objek wisata Gunung Galunggung oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Daerah Kab.
Tasikmalaya (Disparpora). Dari hasil uji hipotesis dari responden berjumlah 70 orang, adalah t hitung
sebesar 3,893>t tabel 1,671, dengan tingkat kepercayaan 95%, dengan demikian bahwa kepemimpinan
memiliki pengaruh signifikan/nyata terhadap kualitas pelayanan pengunjung objek wisata Gunung
Galunggung. Untuk hasil pengujian analisis F dimana F hitung sebesar 28,869.> F tabel sebesar 3,14. maka
disimpulkan H0 ditolak H1 diterima.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Jurnal Acitya diterbitkan berdasarkan ketentuan Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk Berbagi: menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; Adaptasi: menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
Pengguna situs web ini berlisensi:
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional