Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya <p>Acitya merupakan jurnal vokasi yang diterbitkan oleh Fakultas Vokasi Universitas Mayasari Bakti. Acitya berasal dari istilah sansakerta yang artinya ilmu pengetahuan. Acitya dijadikan sarana pengembangan ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan bisnis digital, akuntansi lembaga keuangan syariah dan usaha perjalanan wisata. Acitya diharapkan menjadi wadah distribusi pengembangan ilmu pengetahuan bagi akademisi maupun praktisi. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam satu tahun yaitu di bulan Febuari dan Agustus. Fokus keilmuan dalam jurnal ini terkait manajemen, digitalisasi sistem, akuntansi, perbankan, ekonomi dan pariwisata.</p> en-US <p>Jurnal Acitya diterbitkan berdasarkan ketentuan <a href="https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/"><em>Creative Commons Attribution 4.0 International License (CC BY 4.0)</em></a>. Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk <strong>Berbagi</strong>: menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun; <strong>Adaptasi</strong>: menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.</p> <p>Pengguna situs web ini berlisensi: </p> <p>Ciptaan disebarluaskan di bawah <a href="http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/">Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional</a></p> liana_dewi@polbim.ac.id (Liana Dewi, S.Pd., M.Ak., MCU) fertika_puspita@polbim.ac.id (Fertika Puspita Dewi) Mon, 25 Mar 2024 00:00:00 +0700 OJS 3.3.0.7 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 ISLAM SEBAGAI WORLDVIEW https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/45 <p><em>A person's outlook on life is greatly influenced by the values ​​he holds and believes in. Differences in outlook on life will influence a person's differences in how they approach life. Islam as a perfect religion is an eternal and noble system of values ​​prepared by Allah for His creatures. This paper will discuss how Islam is used as a way of life in living this life so that by adhering to it humans will achieve happiness in this world and in the afterlife. To get the expected results, the author used a qualitative method with a literature study approach from relevant sources.</em></p> Pupun Saepul Rohman Copyright (c) 2024 Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/45 Wed, 28 Feb 2024 00:00:00 +0700 PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP DAYA TARIK WISATA SEJARAH KOTA TASIKMALAYA https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/48 <p><em><span style="font-weight: 400;">Urban tourism is the development of tourism where tourist sites are located in the city, where areas in the city, location points, city elements, even one city becomes a tourism commodity. Tasikmalaya city is one of the cities that has historical value and a city that is not yet known to tourists. One of the historical places in Tasikmalaya city which is also a tourist attraction is KH. Zaenal Mustofa street. Important historical events occurred on the street such as the first corridor in the history of the development of Tasikmalaya city. This research examines how the characteristics of the tourism aspects of the Tasikmalaya city corridor, the level of visitor satisfaction with the tourism attributes offered, as well as how the importance and performance of tourism management in the corridor by the local government. Variable references and attributes in this study were taken from the urban tourism development guidelines. The analysis tool used in this research is importance performance analysis.</span></em></p> Laela Susanto, Putri Mutiara Rakista; Indra Gunawan; Syamsu Nurkarim, Reza Faizal Anshori Copyright (c) 2024 Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/48 Wed, 28 Feb 2024 00:00:00 +0700 TINGKAT PENERIMAAN ZAHIR ACCOUNTING DALAM PERKULIAHAN DENGAN INTERNAL LOCUS OF CONTROL SEBAGAI PEMODERASI https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/54 <p>Saat ini akuntan dituntut untuk mampu menguasai teknologi. Hal ini merupakan tantangan bagi lembaga-lembaga pendidikan untuk mampu membentuk lulusan akuntansi yang ramah teknologi. Untuk memenuhi tantangan tersebut maka penggunaan teknologi dalam pencatatan keuangan diberikan pada mata kuliah khusus yang mensyaratkan mahasiswa mempelajari mata kuliah akuntansi dasar sebelumnya. Selain penguasaan konsep akuntansi, mahasiswa juga perlu menguasai teknologi. Sayangnya beberapa kasus menunjukkan adanya kecemasan yang dirasakan mahasiswa saat menggunakan aplikasi komputer akuntansi salah satunya Zahir Accounting. Penelitian ini mempelajari persepsi penerimaan mahasiswa terhadap Zahir Accounting dalam perkuliahan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Selain itu, pada penelitian ini akan diuji kemampuan internal locus of control sebagai pemoderasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data dikumpulkan melalui kuisioner. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa program studi Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah yang telah memenuhi mata kuliah praktikum akuntansi keuangan II. Berdasarkan hasil pengujian data diperoleh hasil baik persepsi kegunaan maupun kemudahan penggunaan tidak berpengaruh terhadap tingkat penerimaan mahasiswa terhadap Zahir accounting. Hubungan antara persepsi kegunaan dan tingkat penerimaan mahasiswa terhadap Zahir accounting dimoderasi oleh internal locus of control. Sementara itu internal locus of control tidak dapat memoderasi hubungan antara faktor kemudahan penggunaan dengan tingkat penerimaan mahasiswa terhadap Zahir accounting.</p> Liana Dewi, Devi Almaya Copyright (c) 2024 Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/54 Mon, 25 Mar 2024 00:00:00 +0700 MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT PADA OBJEK WISATA DI BENDUNGAN CIKUNTEN CEURI DESA JAYARATU https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/47 <p><em><span style="font-weight: 400;">Tourism is one of the economic developments that has contributed to people's lives economically and socially, both of which affect UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) as an influence on the unity of their residence. At the Bendungan Cikunten Ceuri tourist attraction, Jayaratu Village, the arrangement of tourist areas is still often seen not following the technical methods of spatial planning, for example, there is limited support for supporting facilities and infrastructure with the addition of a coordination pattern that is not fully good in the management of this tourist attraction because community-based communities are also a problem that is quite crucial and needs attention so that it raises the impact on efforts to attract tourism itself. Seeing the above limitations on the tourist attraction at Bendungan Cikunten Ceuri, Jayaratu Village, the local community took the initiative with the local government as well as the Pekerjaan Umum (PU) </span></em><span style="font-weight: 400;">agency to be able to make various improvements, still management development has been carried out, one of the main factors of obstacles in the coordination pattern is Community-Based Human Resource Management in managing Tourism Objects.</span></p> Syamsu Nurkarim Syam, Laela Susanto, Putri Mutiara Rakista, Muhammad Indra Gunawan, Reza Faizal Anshori Copyright (c) 2024 Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/47 Wed, 28 Feb 2024 00:00:00 +0700 PENGARUH KEPEMIMPINAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA GUNUNG GALUNGGUNG KABUPATEN TASIKMALAYA https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/53 <p>Kepariwisataan merupakan salah satu prioritas bagi Pemerintah Kab. Tasikmalaya. Dimana Kepariwisataan<br />diharapkan dapat menambah pendapatan asli daerah. Untuk mensukseskan program tersebut perlu<br />ditunjang dengan kesiapan objek-objek wisata. Objek Wisata Gunung Galunggung, merupakan salah satu<br />objek wisata yang penting dan banyak mendatangkan wisatawan. Keberadaannya membutuhkan Pengelola<br />yang baik dimana pemimpinnya harus mampu meningkatkan kualitas pelayanan pengujung. Untuk itu perlu<br />dilakukan penelitian guna melihat seberapa besar pengaruh kepemimpinan terhadap kualitas pelayanan<br />pengunjung, objek wisata Gunung Galunggung oleh Dinas Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Daerah Kab.<br />Tasikmalaya (Disparpora). Dari hasil uji hipotesis dari responden berjumlah 70 orang, adalah t hitung<br />sebesar 3,893&gt;t tabel 1,671, dengan tingkat kepercayaan 95%, dengan demikian bahwa kepemimpinan<br />memiliki pengaruh signifikan/nyata terhadap kualitas pelayanan pengunjung objek wisata Gunung<br />Galunggung. Untuk hasil pengujian analisis F dimana F hitung sebesar 28,869.&gt; F tabel sebesar 3,14. maka<br />disimpulkan H0 ditolak H1 diterima.</p> Reza Faizal Anshor, Laela Susanto, Syamsu Nurkarim, Muhammda Indra Gunawan, Putri Mutiara Rakista Copyright (c) 2024 Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/53 Mon, 25 Mar 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN PERUMAHAN BUMI CITRA PERMAI https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/42 <p><em>Digital Marketing</em> merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi para pelaku usaha, karena dapat memberikan masukan dan arahan dalam memperluas jangkauan promosi dan meningkatkan penjualan melalui pemanfaatan media sosial. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Penerapan<em> Digital Marketing</em> sebagai strategi pemasaran perumahan Bumi Citra Permai melalui pemanfaatan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Perumahan Bumi Citra Permai memasarkan produknya dengan memanfaatkan <em>digital marketing</em>. Pemanfaatannya berupa memposting produk di media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Whatsaapp. Digital marketing merupakan strategi yang efektif untuk menarik konsumen bagi Perumahan Bumi Citra Permai, karena selain lebih mudah dalam memasarkan produk, juga dapat membantu dalam pencapaian target penjualan. Namun pemanfaatan media sosial tersebut belum dilakukan secara efektif pada Perumahan Bumi Citra Permai, karena masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menerapkan <em>Digital Marketing</em>. Maka dari itu, perlu adanya pelatihan <em>Digital Marketing</em> sebagai strategi pemasaran perumahan Bumi Citra Permai melalui pemanfaatan media sosial.</p> <p><strong>Kata kunci</strong>: Pemasaran Digital, Strategi Pemasaran, Media Sosial.</p> Rizka Azkiya Megawati Rizka, Yanuar Aziz Reza Dwiyan Copyright (c) 2024 Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/42 Wed, 28 Feb 2024 00:00:00 +0700 ANALISIS AISAS TERHADAP PENGARUH BRAND IDENTITY LUCILLE BAGI KONSUMEN https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/40 <p><strong><em>AISAS Analysis of the Influence of Lucille's Brand Identity on Consumers. </em></strong><em>Structured and orderly management of food products is very urgent in the current era of digitalization. Understanding product identity, which is part of product management, currently needs to be considered and prioritized in production in the creative industry. The AISAS method is used to determine the fulfillment of product brand identity insights, whether products are getting better quality in the food industry in particular. The Lucille brand is a home industry snack brand that has been produced by And Food for a long time. By designing a good brand identity, consumers' understanding of the product will increase and they will be able to instill a better product identity with consumers.</em></p> <p><strong><em>Keywords</em></strong><em>: </em><em>AISAS model, brand, brand identitiy</em></p> Apriandi Rahmat, Ira Wirasari Copyright (c) 2023 Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata https://acitya.mayasaribakti.ac.id/index.php/acitya/article/view/40 Wed, 28 Feb 2024 00:00:00 +0700