PENGARUH KREATIVITAS DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA PADA UMKM DESA SUKAHENING

Penulis

  • Aneu Nurkhalifah Arhasy Universitas Mayasari Bakti

DOI:

https://doi.org/10.70871/acitya.v3i2.36

Kata Kunci:

kreatifitas, motivasi, minat

Abstrak

Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kreatifitas dan motivasi terhadap minat berwirausaha secara parsial dan pengaruh kreatifitas dan motivasi terhadap minat berwirausaha secara simultan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yaitu penilaian terhadap variable-variabel penelitian disajikan dalam bentuk angka kemudian diolah sehingga menghasilkan data hasil pengolahan yang dapat digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variable yang diteliti. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara dan kuisioner. Data pada penelitian ini akan diolah dengan metode regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini bahwa secara parsial a.      Nilai Sig. variabel kreativitas (X₁) terhadap minat berwirausaha (Y) sebesar 0,083. Nilai 0,083 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa secara parsial kreativitas (X₁) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y), Nilai Sig. variabel motivasi (X₂) terhadap minat berwirausaha (Y) sebesar 0,126. Nilai 0,126 > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 ditolak. Hal tersebut menunjukkan secara parsial pengetahuan kewirausahaan (X₂) tidak berpengaruh signifikan terhadap minat berwirausaha (Y), dan hasil uji F menunjukan bahwa nilai F hitung 1,299 < 4,210 (F tabel) serta nilai Sig. 0,279 > 0,05 maka bisa menampilkan bahwa variabel kreativitas (X₁), motivasi (X₂) tidak berpengaruh secara simultan terhadap minat berwirausaha (Y).

Kata kunci: kreatifitas, motivasi, minat

Referensi

Adhitama, P.P. (2014).Faktor- faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha.

Alma Buchari, Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta, 2009, hlm. 213

Amabile, T.M. 1998. How to Kill Creativity. Boston: Harvard Business Review.

Amabile, T. M. (2008). The social psychology of creativity: A componential conceptualization. Journal of Personality and Psychology.45: 357-376.

Andriopolous, C., (2001), “Determinants of Organizational Creativity: A Literature Review” Management Decision, 39 pp. 834-840.

A.Rusdiana. (2014). Kewirausahaan Teori dan Praktek. Cetakan ke 1. Bandung, Pustaka Setia

Bahri. Pengantar Kewirausahaan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press,2022

Buchari Alma. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Didik Sukyadi. Kewirausahaan. Bandung: Been Press, 2007.

Hendro. Dasar-dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga, 2011.

Irham Fahmi. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta, 2021

Kartawan. Kewirausahaan Untuk Para Entrepreuneur, Cetakan ke lima. Bandung, Guardaya Intimarta, 2013

Malayu S.P Hasibuan. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: PT Bumi

Aksara, 2005 Masykur Wiratmo. Pengantar Kewirausahaan Dasar Memasuki Dunia Bisnis, edisi pertama. Yogyakarta. PT.BPFE-Yogyakarta, 2001

Diterbitkan

2024-12-15