ANALISIS PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MEMBENTUK BRANDING SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT ORANG TUA PESERTA DIDIK DI RA AL-HUDA CIBUNGKUL

Penulis

  • Rizka Azkiya Megawati Universitas Mayasari Bakti

DOI:

https://doi.org/10.70871/acitya.v4i1.40

Kata Kunci:

Digital Marketing, Branding sekolah, Minat Orang Tua.

Abstrak

Pada zaman sekarang ini lembaga pendidikan perlu dikelola secara kompeten dan patut mendapat perhatian. Hal tersebut demikian, karena semakin ketatnya persaingan sekolah yang dapat mempengaruhi keputusan orang tua dan calon siswa dalam menerima peserta didik baru. Sehingga untuk menarik minat konsumen, sekolah harus membentuk branding sekolah yang baik dan inovatif. Di era digitalisasi saat ini menuntut lembaga pendidikan untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi, salah satunya melalui penerapan digital marketing. Digital Marketing merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi para pelaku usaha, karena dapat memberikan masukan dan arahan dalam memperluas jangkauan promosi dan meningkatkan penjualan. Namun penerapan digital marketing tersebut belum dilakukan secara efektif pada Sekolah RA Al-Huda Cibungkul, karena masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menerapkan Digital Marketing. Maka dari itu, tujuan penelitian ini akan menganalisis bagaimana penerapan digital marketing dalam membentuk branding sekolah terhadap minat orang tua peserta didik di Ra Al-Huda. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan luaran yang ditargetkan adalah laporan hasil penelitian dan artikel publikasi.

Kata Kunci: Digital Marketing, Branding sekolah, Minat Orang Tua.

Referensi

Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104.

Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision Pada Platform Belanja Online Shopee Pengarang. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152.

Chapleo, C. (2015). Brands in higher education: Challenges and potential strategies. International Studies of Management & Organization, 45(2), 150 163.

Creswell, J. W., & Poth, C. (2018). Qualitative Inquiry Research Design Choosing Among Five Approaches. Thousand Oaks: SAGE Publications, Inc.

Faizah, N. A., Salsabila, A. D., Asyifa, N., & Kusumaningrum, H. (2024). Branding Sekolah: Pendekatan Manajemen Pemasaran Di Era Kompetitif. Jurnal Ilmu Pendidikan dan Kearifan Lokal, 4(6), 827-842.

Farida, K., Antonny, C., & Eko, G. (2021). Factors Influencing Purchase Intention in Affecting Purchase Decision : A Study of E-commerce Customer in Greater Jakarta. 28, 5.

Mahbub, M., & Zen, E. H. (2020). Pengaruh Promosi Pendidikan Terhadap Minat Peserta Didik Baru MAN 3 Banyuwangi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID), 2(1), 113–138.

Noor, Z. Z. (2017). Manajemen Bisnis Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Budi Utama.

Prasanti, Dita (2016). Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Di Era Digital. Jurnal Commed. Volume 1:1.

Rizka, A.M., & Yanuar, A.R.D (2023). Analisis Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Perumahan Bumi Citra Permai. Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah dan Usaha Perjalanan Wisata, Vol. 3 (1), 43 – 52.

Siti, F.S. (2024). Strategi Promosi Berbasis Digital Marketing dalam Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik Baru di Sekolah. Dinamika Pembelajaran : Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 1 (4), 322-333.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan E&P, Bandung:Alfabeta

Viona, S.A., Rivo, N. (2024). Pengelolaan Pemasaran Kelompok Bermain sebagai Upaya Menarik Minat Orang Tua Peserta Didik di KB-RA Baitul Muttaqien. J+Plus:Jurnal Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah, 13 (1), 173-179.

Diterbitkan

2025-05-22

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.