ANALISIS ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP IBU RUMAH TANGGA DALAM PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN

Penulis

  • Rizka Azkiya Megawati Universitas Mayasari Bakti
  • Yanuar Universitas Mayasari Bakti

Kata Kunci:

Media Sosial, Pengembangan Kewirausahaan, Ibu Rumah Tangga

Abstrak

Dalam melakukan suatu usaha, media sosial dapat dikatakan sebagai salah satu sarana untuk komunikasi pemasaran, sehingga dapat menimbulkan peluang bagi masyarakat dalam melakukan Pengembangan Kewirausahaan, khususnya Ibu Rumah Tangga yang minat dalam berwirausaha. Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar tingkat minat ibu rumah tangga dalam Pengembangan Kewirausahaan dengan menggunakan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif, dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang dapat mendorong minat ibu rumah tangga dalam pengembangan kewirausahaan dengan menggunakan media sosial di Perumahan Grand Metro. Selain untuk memperoleh penghasilan sebagai penunjang kebutuhan keluarga, mengisi waktu luang dan menyalurkan hobi juga dapat mendorong minat Ibu Rumah tangga dalam berwirausaha. Namun penggunaan media sosial menjadi kendala bagi para ibu rumah tangga dalam melakukan pengembangan kewirausahaan. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan penggunaan media sosial untuk meningkatkan minat ibu rumah tangga dalam pengembangan kewirausahaan.

Referensi

Ahmadinejad, B., & Asli, H. N. (2017). E-business through Social Media: a Quantitative Survey (Case Study: Instagram). International Journal of Management, Accounting and Economics, 4(1), 80–99.

Aji, P. M., Nadhila, V., & Sanny, L. (2020). Effect of social media marketing on instagram towards purchase intention: Evidence from Indonesia’s ready-to-drink tea industry. International Journal of Data and Network Science, 4(2), 91–104.

B.B. Siswoyo, Pengembangan Jiwa Kewirausahaan di Kalangan Dosen dan Mahasisw, Jurnal Ekonomi Bisnis. Tahun 14, Nomor 2, Juli 2009.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial & Ilmu Politik Diterbitkan Oleh Fakultas Ilmu Sosial & Politik, Universitas Tulungagung, 9(1), 140–157.

Effendy, O. U. (2004). Ilmu Komunikasi: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja.

E. Hadiyati, Kreativitas dan Inovasi Berpengaruh Terhadap Kewirausahaan Usaha Kecil, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.13, No. 1, Maret 2011, p.8-16.

Hafsah, M. J. (2000). Kemitraan Usaha: Konsepsi dan Strategi, Jakarta: PT. Pustaka Sinar Harapan.

Kaplan, .M dan Haenlein, M. 2010. Users of the world, Unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons

Kartono, K. (2011). Psikologi Wanita Jilid II (Mengenal Wanita Sebagai Ibu dan Nenek). Bandung: Mandar Maju

Roth, A., & Zawadzki, T. (2018). Instagram Asa Tool for Promoting Superfood Products. Annals of Marketing Management and Economics, 4(1), 101–113.

Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan E&P, Bandung:Alfabeta

Diterbitkan

2023-02-28

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.