Pengaruh Pengaruh Gaya Mengajar Tutor terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Aplikasi MYOB Accounting dengan Gender sebagai Pemoderasi

Penulis

  • Liana Dewi Universitas Mayasari Bakti

Kata Kunci:

MYOB accounting, tutor, minat mahasiswa, gender

Abstrak

Penguasaan teknologi dalam bidang akuntansi merupakan hal yang perlu dipilkirkan dalam era ini. Lembaga pendidikan ditantang untuk mampu menghasilkan lulusan yang baik penguasaannya dalam bidang akuntansi serta menggunakan teknologi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pekerjaannya. Untuk memenuhi tantangan tersebut, lembaga pendidikan memberikan perkuliahan terkait pengelolaan data-data keuangan menggunakan software akuntansi salah satunya adalah MYOB accounting. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh gaya mengajar tutor terhadap minat mahasiswa dalam mempelajari MYOB accounting dengan dimoderasi oleh gender. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi akuntansi lembaga keuangan syariah kampus Universitas Mayasari Bakti yang telah memperoleh mata kuliah praktikum akuntansi keuangan 2. Data dikumpulkan melalui kuisioner. Hasil penelitian menyatakan bahwa gaya mengajar tutor berpengaruh signifikan terhadap minat mahasiswa dalam mempelajari MYOB accounting. Sementara itu gender tidak mampu memoderasi hubungan antara gaya mengajar tutor dengan minat mahasiswa mempelajari MYOB accounting.

Referensi

Agustin, L. T., & Sarsono, S. (2018). Pengaruh Locus of Control Eksternal terhadap Impulsivebuying Pada Mahasiswa Dengan Jenis Kelamin Sebagai Variabel Moderator. Turast : Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.15548/turast.v6i1.694

Ardiyanto, R. (2010). Pengaruh Computer Anxiety terhadap Keahlian Komputer Audit dengan Perspektif Gender sebagai Variabel Moderating (Studi Empiris pada Akuntan Publik di DKI Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah.

Aspi, M., & Syahrani. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: Journal of Education2, 2(1), 64–73. https://doi.org/10.54443/injoe.v3i2.35

Azhar, N. (n.d.). 4 Software Akuntansi Populer di Kalangan Perusahaan Besar. IDS Digital College. Retrieved July 7, 2023, from https://ids.ac.id/4-software-akuntansi-populer-di-perusahaan-besar/

Damanik, E. (2018). Dampak Seminar dan Workshop Accurate terhadap Minat Belajar Software Akuntansi. Jurnal Tekinkom, 1(1), 41–46. http://jurnal.murnisadar.ac.id/index.php/Tekinkom/article/view/50

Dewi, L., & Lestari, P. (2020). Implementasi Theory of Planned Behavior (Tpb) Pada Pengukuran Persepsi Pendapatan Bunga Bank Konvensional. El-Jizya : Jurnal Ekonomi Islam, 8(2), 176–209. https://doi.org/10.24090/ej.v8i2.3970

Dewi, L., & Novi, A. (2023). Implementasi Pengendalian Internal pada Aplikasi Akuntansi. Acitya: Jurnal Vokasi Bisnis Digital, Akuntansi Lembaga Keuangan Syariah Dan Usaha Perjalanan Wisata, 2(1), 42–51.

Fiddin, F., & Pratama, A. I. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi menggunakan Software Akuntansi dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 15(1), 499–508.

Habibah, A., & Andriani, D. M. (2017). Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Berdasarkan Gender tentang Teknologi Informasi Akuntansi. In Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin.

Irwanto, P. D. (2015). Pengaruh Gaya Mengajar Dosen, Asistensi dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Aplikasi Akuntansi Pemeriksaan. Jurnal Akuntansi Dan Sistem Teknologi Informasi, 11(2), 243–250.

Lubis, I. T., Rizki, I. H., & Syahputri, T. Z. (2021). Pelatihan Pengenalan Software Akuntansi Myob Pada Siswa/I Kelas XII Sma Husni Thamrin Medan. UNES Journal of Community Service, 6(2), 1–8.

Lubis, M. (2019). Peran Guru Pada Era Pendidikan 4.0. EDUKA : Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 68–73. https://doi.org/10.32493/eduka.v4i2.4264

Megananda, A. (2010). Pengaruh Computer Anxiety Dan Tingkat Penerimaan Teknologi Terhadap Keahlian Novice Accountant : Gender Dan Locus of Control Sebagai Variabel Moderating the Influence of Computer Anxiety and the Level of Technology Acceptance Towards the Novice Accountant [Universitas Muhammadiyah Yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/78034565.pdf

Prama Deswita, A., & Dahen, L. D. (2013). Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Gaya Mengajar Guru Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Program Keahlian Akuntansi Siswa Kelas X Di Smkn 1 Sawahlunto. Economica, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.22202/economica.2013.v2.i1.211

Rohman, M. G., & Susilo, P. H. (2019). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Studi Kasus Di Tk Muslimat Nu Maslakul Huda. Reforma: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(1), 173–177. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.140

Salim, E. (2021). Pengaruh Penerapan Penggunaan Software Akuntansi (MYOB Accounting) Dalam Upaya Mempermudah Dan Mengefisienkan Kinerja Pelaporan Keuangan Pada Perusahaan. Jurnal Ekobistek, 8(1), 92–101. https://doi.org/10.35134/ekobistek.v8i1.24

Salsabila, A., & Febriani, D. (2022). Faktor yang Memengaruhi Persepsi Mahasiswa dalam Menggunakan Software Akuntansi saat Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Akuntansi Dan Teknologi Informasi, 15(2), 151–174.

Satata, D. B. M., & Saldin, M. (2020). Perbedaan Jenis Kelamin sebagai Moderasi Hubungan Attachment Parenting dengan Perilaku Prososial pada Remaja. Jurnal Fenomena, 29(1), 27–32. https://doi.org/10.30996/fn.v29i1.3680

Sitohang, N. (2018). Strategi Pendekatan Kooperatif Tutorial Teman Sebaya untuk Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Program Aplikasi Akuntansi pada STMIK Royal Kisaran. Seminar Nasional Royal (SENAR), September, 643–648.

Suryana, T. C., & Prasetya, B. E. A. (2021). Jenis Kelamin sebagai Variabel Moderasi terhadap Hubungan Lingkungan Kerja dengan Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Insight, 17(2), 338–355. https://doi.org/10.32528/ins.v

Susilo, A., & Sofiarini, A. (2020). Peran Guru Sejarah dalam Pemanfaatan Inovasi Media Pembelajaran. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 4(2), 79–93. https://doi.org/10.32585/jkp.v4i2.649

Sutrisno, P., Rudyanto, A., Tjhai, F. J., Destriana, N., & Marlinah, A. (2023). Pendampingan Dosen Pada Pembelajaran Akuntansi Secara Daring di SMA Santo Kristoforus II. Surya Abdimas, 7(1), 137–147. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2500

Suwasono, H., & Mariani, M. L. (2022). Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris dalam Akuntansi, Pengantar Aplikasi Komputer dan Pengantar Akuntansi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi MYOB. Media Akuntansi, 34(01), 86–103.

Tjandra, R. (2007). Computer Anxiety dari Prespektif Gender dan Pengaruhnya terhadap Keahlian Pemakai Komputer dengan Variabel Moderasi Locus of Control: Studi Empiris Pada Novice Accountant Assistant di Akademi Akuntansi YKPN Yogyakarta. In Wahana (Vol. 10, Issue 2). Universitas Dipenogoro.

Wahyuni, I. (2020). Transformasi Digital Melalui Teknologi Informasi: Adaptasi Peran Guru Perempuan Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(2), 133–144. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i2.566

Unduhan

Diterbitkan

2023-08-31