STRATEGI STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM

Penulis

  • Riki Nugraha Universitas Mayasari Bakti
  • Anhar Universitas Mayasari Bakti

Kata Kunci:

Development Strategy, Digitization, UMKM

Abstrak

Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM Kecamatan Purbaratu Kota Tasikmalaya. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan digitalisasi
serta prioritas strategi yang dapat digunakan oleh UMKM yang berada di Kecamatan
Purbaratu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif analisis. Populasi
dalam penelitian ini sebanyak 24 UMKM dengan berbagai karakteristik. Sampel penelitian ini
menggunakan purposive sampling dengan membuat kriteria dan didapat 8 UMKM. Data dalam
penelitian ini diperoleh dari hasil analisis data Disperindag dan obeservasi pada 8 UMKM,
teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT. Berdasarkan hasil pengolahan data
menunjukkan bahwa perhitungan Internal Factor Analysis Summary (IFAS) sebesar 3,35 dan
External Factor Analysis Summary (EFAS) sebesar 3,53 yang berarti posisi UMKM Tikar
Mendong Purbaratu berada pada kuadran I. Pada posisi ini, UMKM Tikar Mendong Purbaratu
dapat mengembangkan digitalisasi dengan prioritas strategi adalah meningkatkan pangsa
pasar ke luar negeri, meningkatkan kualitas produk, meningkatkan proses digital marketing
dan pelestarian warisan budaya tikar mendong melalui Festival Desa Wisata Purbaratu Kota
Tasikmalaya.

Referensi

Bilung, Septinor. 2016. Analisis SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran Sepeda Motor Honda Pada CV. Semoga Jaya di Area

Muara Wahau Kabupaten Kutai Timur. Universitas Mulawarman: ejournal Administrasi Bisnis.

Cahyono, Puguh. 2016. Implementasi Strategi Pemasaran dengan Menggunakan Metode SWOT dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk Asuransi Kecelakaan dan Kematian pada PT. Prudential Cabang Lamongan. Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen. Volume 1.

Daft, Richard L. 2000. Management. Fitth Edition. Orlando: The Dryden Press. David, F. R., 2006. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh. Jakarta: SalembaEmpat.

Hiadchenko, Myroslava. 2014. Balance Scorecard-a strategic management system of higher educationinstitution. International Journal of

Education Management Volume 29.

Jogiyanto. 2015. Sistem Informasi Stratejik untuk Keunggulan Kompetitif. Yogyakarta: Andi Offset.

Nisak. Zuhrotun. 2013. Analisis SWOT Untuk Menentukan Strategi Kompetitif. Jurnal Ekonomi Volume 4.

Rangkuti, Freddy. 2017. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.

Slamet, R., Nainggolan, B., Roessobiyatno, R. 2016. Strategi Pengembangan UKM Digital dalam Menghadapi Era Pasar Bebas. Jurnal Manajemen Indonesia Volume 16.

Suryatma, Erwin. 2016. Analisis SWOT. Cetakan Pertama. Surabaya: Kata Pena.

Lesmono, I. D. 2015. Pengaruh Penggunaan E-Commerce Bagi Pengembangan Usaha Kecil Menengah (Ukm) Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model. Evolusi: Volume 3.

Lukmandono. 2015. Analisis SWOT untuk Menentukan Keunggulan Strategi Bersaing di Sektor Industri Kreatif. Seminar Nasional Sains

dan Teknologi Terapan III. Institut Adhi Tama Surabaya.

Maulana, Arman. 2016. Penentuan Prioritas Strategi Pariwista dengan Menggunakan Metode Quatitative Strategi Planning Matrix (Studi

Kasus Pada Pariwisata Kabupaten Pasawaran). Univesitas Lampung.

Diterbitkan

2022-08-31