RANCANG RANCANG BANGUN APLIKASI WISATA UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATA LOKAL

Penulis

  • Putri Mutiara Rakista Universitas Mayasari Bakti
  • Laela Universitas Mayasari Bakti
  • Riki Universitas Mayasari Bakti
  • Dewanto Universitas Mayasari Bakti

Kata Kunci:

Wisata, MobileApps, Layanan Online

Abstrak

Munculnya daya tarik wisata baru yang dikembangkan oleh Desa atau Pemerintahan daerah menjadikan potensi ekonomi baru di daerah. Daya tarik wisata tersebut dapat mendorong aliran keuangan, perputaran keuangan dan akhirnya berpotensi meningkatkan kesejahteraan Masyarakat. Namun banyak daya tarik wisata yang tidak mampu bertahan karena banyak penyebabnya. Salah satunya adalah perencanaan bisnis yang lemah dan juga pemasaran yang kurang maksimal. Sebagian besar daya tarik wisata yang muncul tidak dikelola secara professional. Untuk itu perlu sebuah terobosan baru untuk membangun pengelolaan yang lebih baik. Perkembangan teknologi informasi bisa menjadi opsi atau pilihan yang tepat untuk menjawab permasalahan tersebut. Pembangunan sebuah Aplikasi yang mampu mengelola secara digital dan menjadi acuan dalam pengelolaan secara fisik di lapangan. Dalam penelitian ini dilakukan membangun sebuah aplikasi wisata seperti OTA namun memperhatikan pengelolaan daya tarik wisata lokal yang masih memiliki keterbatasan. Sistem yang dibangun mampu menghasilkan peningkatan Manajemen pengelolaan dan meningkatkan kunjungan wisata.

Referensi

Hatibie, I. C. (2021). Peran E-Marketing dalam Optimalisasi Daya Tarik Wisata: Analisis Konten dan Pendekatan Konseptual. Tulisan Ilmiah Pariwisata, 4(1), 32–41.

Hulu, M., Baiquni, M., Fandeli, C., & Wirasanti, N. (2019). Community Participation on Tourism Development in Parangtritis Tourism Area, Bantul Regency. E-Journal of Tourism, 6(2), 225.

Kasdi, A., & Saifudin, S. (2019). Influence of Sharia Service Quality, Islamic Values, and Destination Image toward Loyalty Visitors’ on Great Mosque of Demak. International Journal of Islamic Business and Economics (IJIBEC), 3(2), 117.

Kumar, P., Dasari, Y., Jain, A., & Sinha, A. (2017). Digital Nations-Smart Cities, Innovation, and Sustainability. 16th IFIP WG 6.11 Conference on e-Business, e-Service and e-Society, 276–288. https://doi.org/10.1007/978-3-319-68557-1

Kusumawati, A. (2019). Exploring and Measuring City Brand Personality in Small Cities. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 343(icas), 300–306.

Purnomo, D. (2017). Model Prototyping Pada Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, 2(2), 54–61.

Safaat, N. (2015). Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform. Informatika Bandung.

Suprasetio, A., Narulita, S., & Humaidi, H. (2019). A. Suprasetio, S. Narulita, and H. Humaidi, “Konstruksi Baru & Pengembangan Wisata Religi di DKI Jakarta. Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 3(2), 157–172.

Tantowi, A. (2021). Open Access Tourism Impact on the Regional Economy ( Case Study of the Kalimantan Tengah Province ). American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 5(11), 128–133.

Tewal, B., Mandey, S., Tumbel, A., & Laode, M. (2017). Competitiveness and the Increasing Strategy of Competitiveness in Tourism Sector of Ternate City, North Maluku Province. Journal of Life Economics, 4(4), 11–32.

Diterbitkan

2023-02-28

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.