ANALISIS ANALISIS BUSINESS MODEL CANVAS PADA UMKM TIKAR MENDONG PURBARATU MENGGUNAKAN BLUE OCEAN STRATEGY

Penulis

  • Riki Nugraha Universitas Mayasari Bakti

Kata Kunci:

analisis strategi, business model canvas, blue ocean strategy, kerangka kerja empat tahap, inovasi nilai

Abstrak

Pandemi Covid-19 berdampak serius terhadap persaingan industry kerajinan di seluruh nusantara, terutama di daerah-daerah yang menjadi basis industry kerajinan  sehingga berdampak pada penurunan pendapatan daerah. Salah satunya adalah industri kerajinan tikar mendong di Purbaratu Kota Tasikmalaya. Dimana pandemi Covid-19 memaksa UMKM memikirkan strategi untuk berkembang dilingkungan persaingan saat ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui posisi persaingan lingkungan bisnis saat ini dengan menggunakan metode analisis SWOT untuk meningkatkan persaingan, dan model kanvas untuk membuat model bisnis baru. Pada penelitian ini juga menggunakan Blue Ocean Strategy untuk mendapatkan keunggulan kompetitif atas pesaing serupa dengan mengembangkan model bisnis baru untuk UMKM Tikar Mendong Purbaratu. Hasil dari penelitian ini, sebuah model bisnis baru untuk UMKM Tikar Mendong diciptakan, yaitu Blue Ocean Strategy, yang menghasilkan nilai tambah dan menghasilkan aliran pendapatan baru untuk pengembangan bisnis UMKM Tikar Mendong Purbaratu yang berkelanjutan di masa depan. Jika implementasi model bisnis ini berhasil, maka dapat dijadikan percontohan bagi industri lain di Jawa Barat untuk lebih mengembangkan model bisnisnya guna meningkatkan daya saing.

Referensi

Jonker, Jan, Batian J.W. Pennink, & Sari Wahyuni. 2011. Metodologi Penelitian Panduan untuk Master dan Ph.D di Bidang Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.

Kim, W.C. & Mauborgne, R. 2015. Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make The Competition Irrelevant. Massachusetts: Harvard Business School Publishing.

Kotler, Philip. & Amstrong, Gary. 2015. Principles of Marketing, 16th edn. London: Pearson Global Edition.

Mogelonsky, Larry. 2013. Illamas Rules: Essay in Hospitality Marketing & Management.Bloomington: Aut horHouse.

Osterwalder, Alexander & Pigneur, Yves. 2013. Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. Hoboken: Wiley.

Rothaermel, F.T. 2017. Strategic Management, 3rd edn. New York: McGraw-Hill Education.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2023-02-28

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.