MANAJEMEN MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT PADA OBJEK WISATA DI BENDUNGAN CIKUNTEN CEURI DESA JAYARATU

Penulis

  • Syamsu Nurkarim Universitas Mayasari Bakti
  • Laela Universitas Mayasari Bakti
  • Putri Universitas Mayasari Bakti
  • Indra Universitas Mayasari Bakti
  • Reza Universitas Mayasari Bakti

Kata Kunci:

Manajemen Sumber Daya Manusia, Bendungan Cikunten Ceuri Desa Jayaratu, aktivitas wisata

Abstrak

Parawisata merupakan salah satu pembangunan ekonomi yang telah memberikan sumbangsih terhadap kehidupan masyarakat secara ekonomi dan sosial baik yang berpengaruh pada UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) sebagai pengaruh kesatuan tempat tinggalnya. Pada objek wisata Bendungan Cikunten Ceuri Desa Jayaratu penataan kawasan wisata masih kurang dapat mengikuti kaedah teknis penataan ruang, sebagai contoh adalah adanya keterbatasan dukungan sarana dan prasarana penunjang dengan ditambahnya pola koordinasi yang belum sepenuhnya baik dalam pengelolaan objek wisata ini karena berbasis komunitas masyarakat juga merupakan permasalahan yang cukup krusial dan perlu mendapat perhatian sehingga menimbulkan dapak terhadap  upaya daya tarik pariwisata itu sendiri. Melihat keterbatasan tersebut diatas pada objek wisata di Bendungan Cikunten Ceuri Desa Jayaratu masyarakat setempat berinisiatif dengan pemerintah setempat juga instansi Pekerjaan Umum (PU) berupaya untuk dapat melakukan berbagai pembenahan, namun belum dilakukan pengembangan secara manajamen salah satu faktor utama kendala dalam pola koordinasi tersebut adalah Manajemen Sumber Daya Manusia Berbasis Masyarakat dalam melakukan pengelolaan Objek Wisata.

Referensi

Adikampana, I. M. (2013). I Made Adikampana PARIWISATA BERBASIS MASYARAKAT.

Auliandri, T. A. (2017). Analisa Aktivitas Manajemen Strategi pada Industri Pariwisata Berbasis Digital. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 1(1), 10–17. https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v1i1.13

Luthfiyah, F. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (Sistematika Penelitian Kualitatif). In Bandung: Rosda Karya. http://www.academia.edu/download/35360663/METODE_PENELITIAN_KUALITAIF.docx

Maros, H., & Juniar, S. (2016). E Book Pariwisata. 1–23.

Mesra, B., Surya, E. D., & Saragih, M. G. (2021). Kajian Dasar Pariwisata. In Researchgate.Net (Issue January). https://www.researchgate.net/profile/Mesra-Mesra/publication/358046065_KAJIAN_DASAR_PARIWISATA/links/61ee504bdafcdb25fd48bc06/KAJIAN-DASAR-PARIWISATA.pdf

Muallifah, M., & Astuty, I. (2016). Pengaruh Konflik Peran Terhadap Kinerja Dengan Self Efficacy Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Manajemen Bisnis, 7(2), 210–225.

Munandar, J. M., Kartika, L., Permanasari, Y., Indrawan, R. D., Andrianto, M. S., & Siregar, E. (2014). Pengantar Manajemen. 305.

Diterbitkan

2024-02-28

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Artikel Serupa

1 2 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.