Analisis Penerapan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Daya Saing Perusahaan CV. Pampam di Era Digitalisasi
DOI:
https://doi.org/10.70871/acitya.v3i2.33Kata Kunci:
Teknologi Informasi, Daya saing, DigitalisasiAbstrak
Teknologi informasi merupakan salah satu hal yang sangat penting dan menjadi suatu tantangan yang dihadapi pada era digitalisasi yang saat ini terus berkembang. Teknologi informasi juga saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan dari dunia usaha, karena dapat mendorong inovasi di berbagai bidang dan merupakan salah satu strategi untuk dapat meningkatkan daya saing Perusahaan. Namun upaya peningkatan daya saing Perusahaan tersebut belum dilakukan secara efektif pada CV. Pampam, karena masih ada beberapa kendala yang dihadapi dalam menerapkan Teknologi Informasi, mengingat di era digitalisasi ini arena persaingan semakin kompetitif. Maka dari itu, tujuan penelitian ini akan menganalisis bagaimana Penerapan Teknologi Informasi dalam peningkatan daya saing Perusahaan di era digitalisasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, terhadap Pimpinan Perusahaan Jasa Percetakan CV. Pampam.
Referensi
Avriyanti, S. (2020). Peran E-Commerce untuk meningkatkan keunggulan kompetitif di Era Industri 4.0 (Studi Pada UKM yang terdaftar pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kabupaten Tabalong). Jurnal PubBis, Volume 4, No 1, 82-99.
Darwanto., Khasanah, M., & Putri, A.M. (2021). Penguatan Literasi, Numerasi, Dan Adaptasi Teknologi Pada Pembelajaran Di Sekolah (Sebuah Upaya Menghadapi Era Digital Dan Disrupsi). Jurnal Eksponen, Volume 11, Nomor 2, 25 – 35.
Gita, S., & Zeffanya, R.W (2022). Penerapan Digital Marketing sebagai strategi pemasaran Bakmi Tando 07. Vol. (1), 24-31.
Hadi, D. F., & Zakiah, K. (2021). Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi_Strategi Digital Marketing Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) untuk Bersaing di Era Pandemi. Competitive, 16(1), 32–41.
Indrayani, Henny. Penerapan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Efektivitas, Efisiensi Dan Produktivitas Perusahaan, 48 – 56.
Kadir, Abdul, dan Tera Ch Wahyuni (2005), Pengenalan Teknologi, Penerbit Andi, Jakarta.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan . (2018). Seri Pendidikan Orang Tua : Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mitariani, N.W.E., Setiari, N.P. (2023). Penerapan Teknologi Informasi Dalam Meningkatkan Efesiensi Dan Produktifitas Secara Digital Pada Perusahaan Pt. Sinar Yasa Agung Perkasa. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat. Volume 2 Nomor 2, 1113 – 1118.
Rahma, M., Yulis, E., Pratiwi, N., Susanto, N., Syofyan H. (2021). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Guru. Jurnal Eduscience Volume 6 Nomor 2, 97 – 105.
Rahmana, Arief. (2009). Peranan Teknologi Informasi Dalam Peningkatan Daya Saing Usaha Kecil Menengah. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi, B-11 – B-15.
Rohimah, A. (2018). Era Digitalisasi Media Pemasaran Online dalam Gugurnya Pasar Ritel Konvensional. Kanal (Jurnal Ilmu Komunikasi), 6 (2), 91-100.
Saifuddin, M. (2021). Digital Marketing: Strategi Yang Harus Dilakukan Umkm Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Bisnis Terapan, 5(1), 115–124
Sugiyono. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan E&P, Bandung:Alfabeta
Tambunan, S. F. A., Charos, SW.A., & Nurbaiti. (2023). Analisis Perbandingan Sebelum Dan Sedudah Menggunakan Teknologi Informasi Dalam Bidang E-Commerce.
Jurnal Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 1 (3) (2023) 415-418.
Taufik, A., Sudarsono, B.G., Budiyantara, A., Sudaryana, I.K., Muryono, T. T. (2022) Pengantar Teknologi Informasi. Jakarta:Pena Persada.